Citilink Buka Rute Surabaya-Jayapura

MASKAPAI penerbangan Citilink melakukan penerbangan perdana rute Bandara Udara Internasional Juanda, Surabaya menuju Bandara Udara Sentani, Jayapura, dengan menggunakan pesawat Airbus A320, Jumat (18/12/2020).

Penambahan rute Surabaya-Jayapura ini merupakan rangkaian program Citilink merambah ke Timur Indonesia setelah sebelumnya mengembangkan konektivitas di wilayah Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur.

“Kali ini Citilink merambah ke wilayah Papua dengan membuka rute penerbangan dari Surabaya menuju Jayapura,” ujar Vice President Corporate Secretary & CSR Citilink, Resty Kusandarina.

Penerbangan rute Surabaya-Jayapura ini beroperasi setiap hari dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320. Penerbangan dengan kode QG 252 berangkat dari Juanda pukul 09.00 waktu setempat dan tiba di Sentani pukul 15.30 waktu setempat.

Untuk sebaliknya, penerbangan rute Jayapura-Surabaya dijadwalkan berangkat dari Bandara Udara Sentani, Jayapura pukul 16.10 waktu setempat dan tiba di Bandara Udara Internasional Juanda, Surabaya pukul 18.30 waktu setempat, dengan nomor penerbangan QG 253.

Resty berharap, pembukaan rute penerbangan ini dapat membantu meningkatkan konektivitas di wilayah Papua sehingga memberikan kemudahan mobilitas bagi masyarakat maupun melancarkan pendistribusian logistik. “Dan, tetap pastikan penerapan protokol kesehatan ketika perjalanan,” tambahnya.

Demi kenyamanan perjalanan, Citilink mengimbau penumpang memastikan kelengkapan dokumen perjalanan erta melakukan pembaruan informasi secara berkala mengenai kebijakan persyaratan dokumen perjalanan yang berlaku di setiap daerah yang akan dituju dengan mengunjungi laman resmi di setiap daerah masing-masing.

Untuk mempermudah perjalanan, penumpang juga diimbau untuk dapat mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan (Health Alert Card/HAC) secara online dengan mengunduh aplikasi eHAC Indonesia melalui PlayStore, AppStore atau melalui situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac/.

Sebelumnya, Citilink telah membuka empat rute baru di Kawasan Timur Indonesia untuk penerbangan dari Bandara Udara Internasional Eltari, Kupang menuju Waingapu, Bajawa, Ende, mulai 15 Desember 2020 dan penerbangan menuju Labuan Bajo sejak 16 Desember 2020.

Pembukaan rute itu untuk memberikan kemudahan akses bagi para pelaku wisata domestik maupun wisatawan mancanegara agar lebih mengenal keindahan alam dan berbagai ragam adat istiadat di wilayah Timur Indonesia.

1. Labuan Bajo yang dikenal dengan keindahan wisata alam bukit laut dan juga pelestarian komodo yang menjadi salah satu dari 7 keajaiban di dunia;

2. Ende merupakan wisata yang terkenal kaya akan sejarah, dimana kota ini merupakan tempat ditetapkannya hari Kelahiran Pancasila oleh Presiden Pertama Republik Indonesia;

3. Bajawa merupakan tempat wisata yang menyajikan keindahan alam pegunungan disertai dengan ke otentikan adat istiadat yang masih kental yang terus dibudayakan hingga saat ini; dan

4. Waingapu merupakan tempat yang memiliki keberagaman air terjun spektakuler, dimana salah satu destinasi favorit yaitu Air Biru Tak Berujung yang merupakan air terjun terbesar di Sumba.

Penerbangan dari Kupang menuju Waingapu, Bajawa, Ende dan Labuan Bajo akan dioperasikan menggunakan pesawat ATR 72-600. Jadwal penerbangannya adalah sebagai berikut :

A. Rute : Kupang-Ende
Nomor Penerbangan : QG 1640
Waktu Berangkat : 06.50
Waktu Tiba : 07.45
Operasional : Setiap Hari

B. Rute : Ende–Kupang
Nomor Penerbangan : QG 1641
Waktu Berangkat : 08.10
Waktu Tiba : 09.10
Operasional : Setiap Hari

C. Rute : Kupang-Waingapu
Nomor Penerbangan : QG 1612
Waktu Berangkat : 09.35
Waktu Tiba : 10.55
Operasional : Setiap Hari

D. Rute : Waingapu-Kupang
Nomor Penerbangan : QG 1613
Waktu Berangkat : 11.20
Waktu Tiba : 12.35
Operasional : Setiap Hari

E. Rute : Kupang–Labuan Bajo
Nomor Penerbangan : QG 1604
Waktu Berangkat : 13.05
Waktu Tiba : 14.40
Operasional : Rabu, Jumat

F. Rute : Labuan Bajo–Kupang
Nomor Penerbangan : QG 1605
Waktu Berangkat : 15.05
Waktu Tiba : 16.40
Operasional : Rabu, Jumat

G. Rute : Kupang-Bajawa
Nomor Penerbangan : QG 1664
Waktu Berangkat : 13.05
Waktu Tiba : 14.25
Operasional : Senin, Selasa, Kamis, Sabtu, Minggu

H. Rute : Bajawa-Kupang
Nomor Penerbangan : QG 1665
Waktu Berangkat : 14.50
Waktu Tiba : 16.10
Operasional : Senin, Selasa, Kamis, Sabtu, Minggu

“Sebagai bagian dari Garuda Indonesia Group, kami berharap dengan pembukaan rute baru ini dapat memberikan kontribusi positif bagi seluruh sektor khususnya dalam mendukung program pemulihan ekonomi parisiwata di Indonesia dengan tetap mengedepankan budaya hidup sehat,” tutup Resty. (*)

Tinggalkan Balasan